Pertempuran Surabaya, 10 November 1945


KABARKAMI - 10 November 1945 adalah kala bersejarah bagi kota Surabaya. Di kala itu, terjadi pertempuran di ibukota provinsi Jawa Timur itu antara pasukan Indonesia dengan tentara sekutu, Inggris dan Belanda.

Pertempuran tersebut dikenang sebagai pertempuran yang terberat dan terbesar dalam sejarah perjuangan Indonesia. Tanggalnya kemudian ditetapkan sebagai hari pahlawan.

Berawal ketika Jepang menyerah kepada tentara sekutu. Tentara sekutu kemudian mendarat ke Surabaya pada 25 Oktober 1945. Tentara Sekutu berniat mengembalikan Indonesia, terkhusus Surabaya, dalam penjajahan Belanda. Hal yang membuat letusnya perlawanan Pasukan Indonesia.

Perlawanan atas tentara sekutu pun terjadi hingga membuat Brigadir Jenderal Aubertin Mallaby, pemimpin tentara Inggris, tewas. Atas tewasnya Mallaby tersebut, tentara Inggris mengeluarkan ultimatum 10 November agar pasukan Indonesia menyerahkan senjatanya.

Ultimatum tersebut diabaikan oleh Pasukan Indonesia, sehingga pada 10 November 1945 tentara Inggris melancarkan serangan besar-besaran. Sekira belasan ribu pasukan Indonesia dan ratusan ribu rakyat sipil tewas.

Pertempuran besar tersebut melahirkan sejumlah nama-nama pembela Pasukan Indonesia: Bung Tomo dan KH. Hasyim Asy’ari.

Sumber dan Foto: wikipedia