Pembangunan Jalur Trans Sulawesi, Refleksi Sejarah Kereta Api Di Sulsel


KABARKAMI. Impian pengembangan sarana transportasi Trans Sulawesi akhirnya mulai terwujud. Pembangunan proyek berupa rel Kereta Api yang menghubungkan semua jalur propinsi di Sulawesi akan dimulai pada tahun 2013 mulai dari Makassar sampai ke Manado Sulawesi Utara. Rencana proyek pembangunan fasilitas trans Sulawesi ini diperkirakan membutuhkan anggaran awal sebesar 2 milyar Dollar Amerika atau setara dengan 19 triliun Rupiah dalam kurs Rp.9000. Rel kereta api itu akan melewati jalur di enam provinsi Pulau Sulawesi.

Pembangunan jalur kereta api itu akan dilakukan oleh investor swasta bekerja sama dengan pemerintah. Keterlibatan pihak PT. Kereta Api Indonesia tergantung dari keinginan perusahaan swasta sepanjang tidak ada yang dirugikan. Investasi proyek ini mulai dilirik investor asing yaitu dari Rusia namun realisasinya masih menunggu perkembangan usai pemilihan Gubernur di Sulsel dan Sulawesi barat.

Fasilitas kereta api merupakan sarana transportasi darat yang praktis dan terjangkau oleh semua lapisan masyarakat terutama bagi wilayah yang sedang mengalami pertumbuhan ekonomi. Selama ini, fasilitas kereta api di Indonesia dikenal hanya ada di dua tempat yakni Pulau Jawa dan Sumatera yang dibangun pada masa pemerintahan kolonialis Belanda. Kereta api sebenarnya sudah pernah ada di Sulawesi Selatan di masa pemerintah Hindia belanda. Pada tahun 1922, jalur rel kereta api pertama yang dibuat yaitu jalur dari Makassar ke kabupaten Takalar dengan panjang rel 47 Km dan dioperasikan sejak tanggal 1 Juli 1923.

Pemerintah hindia Belanda kemudian membangun rel kereta api berikutnya dengan jalur Makassar – Kabupaten Maros namun mengalami kendala akibat perang dunia 2 berkecamuk. Jepang, yang menjadi penguasa baru pada saat itu merombak kebijakan dan langsung mematikan pembangunan rel kereta api yang sedang berjalan tersebut. Rel-rel kereta api dari Sulsel itu kemudian dibongkar dan diangkut ke Myanmar, burma beserta dengan kereta apinya. Maka berakhir pulalah masa kereta api di Sulsel.

Dengan terwujudnya pembangunan fasilitas kereta api di Sulawesi pada tahun 2013 nanti dipastikan akan menciptakan perubahan yang signifikan terhadap perkembangan ekonomi semua propinsi di pulau Sulawesi. (sumber lain : upeks.co dan pustaka sekolah, foto: antumfiqolbi)