Pelatihan Penanggulangan Bencana Tingkat Nasional


foto: rimanews

KABARKAMI. Unit Search And Rescue Universitas Padjadjaran, Bandung menyelenggarakan pelatihan bagi para penyelamat (rescuer) yang tergabung dalam institusi SAR bekerjasama dengan Badan SAR Nasional. Pelatihan ini merupakan aktifitas dari civitas akademika Unpad yang diperuntukkan bagi siapa saja yang  berminat dan bergerak dalam kegiatan SAR dan aktifis pecinta alam di Indonesia.

Program kerja berupa kegiatan Pelatihan SAR NASIONAL 2012  ini bertujuan untuk menggali potensi SAR yang ada di Indonesia, sehingga tenaga-tenaga SAR semakin memadai dan bisa diberdayakan secara maksimal untuk bertindak dalam berbagai musibah yang terjadi diwilayahnya. Sasaran utama program kerja pelatihan rescue ini adalah :
1.Lembaga – lembaga potensi SAR seluruh universitas se–Indonesia.
2.Organisasi pecinta alam seluruh Indonesia.
3.Instansi atau lembaga masyarakat yang terkait dengan kegiatan SAR.

Kegiatan ini merupakan salah satu langkah penting membuka wawasan dalam penanggulangan bencana yang sering terjadi selama ini. Sasaran dan misi utama bagi para pelaku yang mengemban tugas-tugas kemanusiaan untuk menjadi bagian utama mengantisipasi keadaan kritis , tindakan pertolongan pertama penyelamatan jiwa manusia dan material yang berada dalam keadaan bahaya. Kurikulum pelatihan mengacu pada materi Badan Diklat BASARNAS antara lain : Tehnik navigasi darat, Survival alam bebas, tehnik komunikasi lapangan, Respon medikal awal, Manajemen Evakuasi, Sistem penyelamatan di Hutan dan air serta berbagai sistem penyelamatan lainnya.

Badan SAR Sulawesi Barat yang selama ini mulai mengembangkan organisasinya merespon penyelenggaraan tersebut dan memberi peluang bagi para aktifis pecinta alam di pulau Sulawesi untuk ikut berpartisipasi.

Waktu pelaksanaan pelatihan ini diselenggarakan di Bandung tanggal 20 November – 04 Desember 2012. Pendaftarannya dibuka 8 Oktober – 11 November 2012. Biaya pelatihan yang dikenakan bagi peserta adalah Rp. 1.700.000/ orang untuk umum dan Rp. 1.000.000/ orang untuk Mahasiswa. Para peserta juga akan diberi berbagai fasilitas pendukung yang lengkap dan sertifikasi BASARNAS. ( Inaldy Rescue, Badan SAR Sulbar)