Operasi plastik, Budaya Terbaru Korea Selatan


Sejak 3 tahun ini, Indonesia dilanda demam artis Korea dan mulai terbuai dengan berbagai penampilan baru dunia entertaintnya. Mulai dari drama opera sabunnya sampai penampilan Boy Bandnya yang menggemaskan. Wajah-wajah mereka pada umumnya tampil “innocent” mirip tokoh-tokoh kartun anime Jepang. Apa dibalik itu?

Salah satu tren besar di Korea Selatan saat ini adalah Operasi plastik dan telah menjadi sebuah tradisi baru yang dilakukan oleh orang-orang Korea, bahkan hampir 75% Warganya dinyatakan telah melakukan operasi plastik.

Pengakuan Kyo-Wul, seorang Dosen perguruan tinggi membenarkan survey tersebut. Pada tahun 2010, hampir 800.000 operasi plastik dilakukan dan menempatkan Korea Selatan di tempat ketujuh untuk jumlah operasi plastik yang dilakukan di dunia. Korea Selatan memiliki jumlah terbesar kedua operasi bedah plastik relatif terhadap penduduknya (50 juta orang ) setelah Hongaria.

Operasi yang paling umum di Korea Selatan adalah ssankapul, secara harfiah berarti “kelopak mata”. Untuk ₩ 2.300.000, atau sekitar $ 2.000 AS,  prosedur ini sangat lumrah dan malah dianggap pembedahan biasa. Ssankapul adalah operasi double-kelopak mata, disebut begitu karena pada umumnya  lipatan mata orang Korea yang paling kurang.

Di seluruh penjuru Seoul, terlihat berbagai iklan operasi plastik. Salah satunya yang paling heboh adalah di Gangnam. Gangnam merupakan wilayah Seoul  yang dijuluki “Beverely Hillsnya Korea”  karena umumnya dikenal karena klinik operasi plastik berbagai perusahaan, sebuah lingkungan mewah yang  dipenuhi dengan kaum elit Seoul. Dikawasan inilah terdapat tempat untuk mengubah wajah tergantung desain yang ditawarkan.

Selain ssankapul untuk meniru kecantikan Barat, salah satu operasi yang populer adalah konfigurasi ulang rahang. Prosedur ini melibatkan pemotongan rahang dan reposisi, memberikan penampilan wajah yang lebih tajam untuk didefinisikan. Juga ada sedot lemak dan menghilangkan kelebihan lemak dari pipi, menghapus putaran genetik yang kebanyakan dihadapi orang Asia.

Operasi hidung juga menjadi favorit karena alasan daripada hidung datar, orang Korea lebih memilih memiliki hidung besar  dan mengeluarkan jumlah uang yang besar untuk mencapai hasil tersebut. Bagi orang Korea, operasi plastik adalah fakta kehidupan.

Situs web yang paling populer (dengan 550.000 pengikut) di Korea Selatan saat ini yaitu Yeowooya, di mana setiap minggu, sebuah program “Bedah Plastik Ratu Minggu Ini” yang diperkenalkan kepada para pengagum situs ini dan selalu mendapat respon yang luar biasa.

Di Korea Selatan, kompetisi semakin memanas bagi para pelaku operasi plastik,  klinik menjadi craftier dalam memikat pelanggan. Mereka kadang melakukan operasi gratis sebagai bagian dari sebuah ekstravaganza promosi, dan bahkan memastikan bahwa operasi plastik adalah investasi obligasi keluarga yang paling menjanjikan dalam kehidupan.