Indonesia, Pasar Bedah Plastik Terbesar di Asia


artis-indonesia-operasi-plastik-300x198KABARKAMI - Bedah plastik bukanlah hal baru di Indonesia. Sejak 1970-an, telah ada dokter spesialis bedah plastik bernama Prof. Moenadjat Wiratmadja. Namun kala itu, bedah plastik masih dianggap hal aneh dan hanya dikhususkan bagi mereka yang mengalami cacat tubuh akibat terbakar atau kecelakaan.

Hingga pada akhir 1990-an, artis holywood mengubah bedah plastik menjadi sebuah gaya hidup. Michael Jackson membedah plastik kulit hitamnya hingga menjadi putih sempurna; Pamela Anderson memperbesar payudaranya hingga sebesar keinginannya.

Gaya hidup itu kemudian menyebar ke negara-negara asia, seperti Jepang, Cina, dan Korea Selatan. Di Indonesia sendiri, bedah plastik menjadi gaya hidup sejak 2000-an.

Yang hangat menjadi berita kala itu adalah ketika presenter Becky Tumewu membedah plastik payudaranya hingga menjadi ideal. Keputusan itu dijelaskan secara gamblang oleh Becky dalam episode pertama acara Kick Andy.

Selanjutnya, artis-artis Indonesia, seperti Titi DJ, Krisdayanti, Yuni Shara, dan Ruth Sahanaya turut melakukan bedah plastik demi menyempurnakan penampilan mereka. Mereka ada yang menjalani bedah plastik di luar negeri, ada yang di dalam negeri.

Seiring gaya hidup itu, dokter-dokter ahli bedah plastik pun bermunculan satu-persatu. Mereka membuka klinik tersendiri dengan peralatan memadai. Salah satunya adalah Dr. Tompi, yang juga seorang penyanyi terkenal.

Kepada Metro TV, Dr. Tompi memberikan pengakuan yang sulit dipercaya. Cerita Tompi: dia pernah didatangi oleh seorang remaja 14 tahun yang didampingi ibunya. Remaja itu kemudian memberikan kepada Tompi foto artis Korea sambil berkata, “Saya ingin seperti ini, dok.”

Atas kejadian itu dan dengan melihat jumlah pasien yang berkunjung ke kliniknya tiap hari, Dr. Tompi memrediksi: Indonesia akan menjadi pasar bedah plastik terbesar di Asia setelah Korea Selatan dan Cina.